FAQ KIP

  1. Apa yang dimaksud dengan Informasi Publik?
    informasi yang dihasilkan, disimpan, dikelola, dikirim, dan/atau diterima oleh suatu  badan publik yang berkaitan dengan penyelenggara dan penyelenggaraan negara dan/atau penyelenggara dan penyelenggaraan badan publik lainnya yang sesuai dengan Undang-Undang No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik serta informasi lain yang berkaitan dengan kepentingan publik.
  1. Apa yang dimaksud dengan e-PPID ?
    e-PPID merupakan sarana pelayanan dan penyediaan informasi secara online
  1. Siapa yang dimaksud dengan PPID?
    PPID adalah pejabat yang bertanggung jawab di bidang penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan, dan/atau pelayanan informasi di Bidang Publik dan bertanggungjawab langsung kepada atasan PPID.
  1. Bagaimana Tata Cara mengajukan Permohonan Informasi Publik?
    • Penanganan Permohonan Informasi via telepon, datang langsung, surat/fax dan email/website
    • Pemohon melengkapi data pada formulir Tanda Bukti Permohonan Informasi Publik (TB PIP)
    • PPID mengklasifikasi jenis informasi yang diminta
    • PPID mempersiapkan jawaban, pencarian informasi yang diminta dan kajian hukum jika diperlukan
    • Penyampaian jawaban/ tanggapan dan atau alasan pengecualian pada Tanda Bukti Tanggapan Atas Informasi Publik
    • Penyampaian surat penundaan jika memerlukan wakktu dalam mendapatkan informasi
    • jika pemohon informasi publlik mengajukan keberatan dapat mengajukan keberatan kepada PPID
  1. Berapa biaya yang dikenakan kepada Pemohon Informasi ?
    Permohonan informasi tidak dikenakan biaya. Bagi pemohon yang membutuhkan penggandaan salinan informasi, biaya pengandaan dikenakan kepada pemohon.
  1.  Dari mana saja informasi dan data Perusahaan dapat diakses?
    Informasi dan data Perusahaan dapat diakses melalui telepon, website (dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris), media massa, mailing list, buletin, Facebook, Twitter, Instagram.