Good Corporate Governance

Good Corporate Governance Kondisi global yang ditandai dengan meningkatnya tuntutan akan demokratisasi dan desentralisasi yang mengarah pada pentingnya peningkatan kompetensi di berbagai bidang. Peningkatan kompetensi sebagai pendongkrak daya saing diyakini sebagai kunci sukses dalam memenangkan kompetisi di era globalisasi. Faktor utama penentu daya saing adalah efisiensi proses pelayanan serta mutu ketepatan dan kepastian kebijakan publik dalam sistem tata kelola berbagai sektor. Oleh karena itu penerapan prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG) secara fundamental menjadi landasan yang kuat bagi Bio Farma dalam upaya peningkatan daya saing di berbagai aspek baik pada tataran lokal, regional, nasional maupun global. Dewan Komisaris, Organ Pendukung Dewan Komisaris, Direksi, dan Seluruh Karyawan Bio Farma atau yang biasa disebut dengan Insan Bio Farma menjunjung tinggi komitmen dalam menerapkan Tata Kelola Perusahaan yang Baik ( Good Corporate Governance ). GCG menjadifilosofi dasar yang melekat dalam sikap, perilaku, pola pikir, dan cara kerja setiap insan Bio Farma. Melalui GCG Bio Farma mampu membangun citra dan reputasi sebagai Perusahaan yang unggul dan bermartabat dengan budaya Perusahaan yaitu Professional, Integrity, Team Work, Innovation, dan Customer Oriented.

Bio Farma mampu mewujudkan Good Corporate Governance

Dengan terwujudnya Tata Kelola Perusahaan yang Baik ( Good Corporate Governance ), Bio Farma mampu mengoptimalkan nilai Perusahaan, meningkatkan kontribusi Perusahaan dalam perekonomian nasional, dan meningkatkan iklim yang kondusif di lingkungan sekitar Perusahaan. Ini dapat dilihat dari perolehan skor Kriteria Penilaian Kinerja Unggul (KPKU) Bio Farma 2016 mencapai 510,25 atau naik 9,26% atau 43,25 point dibanding skor 2015 sebesar 467. Peningkatan skor ini menjadikan Bio Farma berubah klasifikasi kategori menjadi Good Performance yang semula Early Improvement . Meningkatnya skor hasil evaluasi yang dilakukan oleh Forum Ekselen BUMN (FEB) ini, membuktikan bahwa komitmen penerapan Tata Kelola di Bio Farma semakin baik, efektif sehingga kinerja Perusahaan semakin meningkat.

ARTI PENTING GOOD CORPORATE
GOVERNANCE BAGI BIO FARMA

  1. Untuk menambah dan memaksimalkan nilai Perusahaan guna memenangkan kompetisi Global.
  2. Untuk menghindari fraud dan KKN
  3. Untuk mendorong terciptanya pasar yang efisien, transparan dan konsisten dengan peraturan perundang-undangan yang berlandaskan pada beberapa prinsip dasar Good Corporate Governance yaitu : Transparency, Acoountability, Responsibility, Independency, dan Fairness.

Transparency

Keterbukaan dalam melaksanakan proses pengambilan keputusan dan keterbukaan dalam mengungkapkan informasi material dan relevan mengenai Perusahaan.

Accountability

Kejelasan fungsi, pelaksanaan dan pertanggungjawaban Organ sehingga pengelolaan Perusahaan terlaksana secara efektif.

Responsibility

Kesesuaian dengan peraturan perundang-undangan dan prinsip-prinsip korporasi yang sehat. Melaksanakan tanggung jawab terhadap masyarakat dan lingkungan sehingga dapat terpelihara kesinambungan usaha dalam jangka panjang dan mendapat pengakuan sebagai Good Corporate Citizen.

Independency

Keadaan di mana Perusahaan dikelola secara profesional tanpa benturan kepentingan dan pengaruh/ tekanan dari pihak manapun yang tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan
prinsip-prinsip korporasi yang sehat.

Fairness

Keadilan dan kesetaraan di dalam memenuhi hak-hak Pemangku Kepentingan (stakeholders) yang timbul berdasarkan perjanjian dan peraturan perundang-undangan.

TUJUAN
PENERAPAN
GCG

  1. Mengoptimalkan nilai Perusahaan agar memiliki
    daya saing yang kuat, baik secara nasional maupun internasional, sehingga mampu mempertahankan keberadaannya dan hidup berkelanjutan untuk mencapai maksud dan tujuan
    Perusahaan.
  2. Mendorong pengelolaan Perusahaan secara profesional, efisien dan efektif serta.
  3. memberdayakan fungsi dan meningkatkan kemandirian Organ Perusahaan.
  4. Mendorong agar Organ Perusahaan dalam membuat keputusan dan menjalankan tindakan dilandasi nilai moral yang tinggi dan kepatuhan terhadap peraturan perundang undangan serta kesadaran akan adanya tanggung jawab sosial Perusahaan terhadap Pemangku Kepentingan maupun kelestarian lingkungan di sekitar Perusahaan.
  5. Meningkatkan kontribusi Perusahaan di lingkungan sekitar Perusahaan dan dalam perekonomian nasional.
  6. Meningkatkan iklim yang kondusif di lingkungan.
  7. sekitar Perusahaan. Seluruh jajaran Bio Farma meyakini bahwa penerapan GCG dapat mendukung tercapainya tujuan Perusahaan baik dalam hal pertumbuhan usaha, profitabilitas, dan keberlangsungan usaha jangka panjang. Dengan demikian, Perusahaan dapat memberikan nilai tambah bagi pemegang saham, meningkatkan kesejahteraan keluarga besar Perusahaan, dan memberikan kontribusi optimal bagi negara.


STRUKTUR TATA KELOLA

Struktur tata kelola Bio Farma mengacu pada Undang-undang Nomor 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas, Perusahaan berbadan hukum Perseroan Terbatas memiliki Organ Perseroan yang terdiri dari tiga unsur, yaitu Pemegang Saham melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) sebagai forum pengambilan keputusan tertinggi bagi Pemegang Saham, Dewan Komisaris sebagai pengawas jalannya pengelolaan Perusahaan, dan Direksi sebagai pengelola Perusahaan.

Berkaitan dengan Organ Perusahaan Dewan Komisaris dan Direksi memiliki wewenang dan tanggung jawab yang jelas sesuai fungsinya masing masing sebagaimana diamanahkan dalam Anggaran Dasar dan peraturan perundang undangan. Dewan Komisaris dan Direksi bertanggung jawab untuk memelihara keberlanjutan usaha Bio Farma dalam jangka panjang sehingga harus memiliki persamaan persepsi terhadap filosofi, visi, misi dan nilai-nilai Perusahaan.

KERANGKA GCG BIO FARMA


GCG menjadi Filosofi dasar yang melekat dalam sikap, perilaku, dan cara kerja setiap insan Bio Farma. Melalui GCG Bio Farma mampu membangun citra dan reputasi sebagai perusahaan yang unggul

  1. Mendorong tercapainya kesinambungan Perusahaan melalui pengelolaan yang didasarkan pada asas transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, independensi serta kewajaran dan kesetaraan.
  2. Mendorong pemberdayaan fungsi dan kemandirian masing-masing Organ Perusahaan, yaitu Dewan Komisaris, Direksi dan Rapat Umum Pemegang Saham.
  3. Mendorong Pemegang Saham, anggota Dewan Komisaris dan anggota Direksi agar dalam membuat keputusan dan menjalankan tindakannya dilandasi oleh nilai moral yang tinggi dan kepatuhan terhadap peraturan perundang- undangan.
  4. Mendorong timbulnya kesadaran dan tanggung jawab sosial Perusahaan terhadap masyarakat dan kelestarian lingkungan terutama di sekitar Perusahaan.
  5. Mengoptimalkan nilai Perusahaan bagi pemegang saham dengan tetap memperhatikan Pemangku Kepentingan lainnya.
  6. Meningkatkan daya saing Perusahaan secara nasional maupun internasional, sehingga meningkatkan kepercayaan pasar yang dapat mendorong arus investasi dan pertumbuhan ekonomi nasional yang berkesinambungan.

Maksud
dan
Tujuan Pedoman GCG


Roadmap GCG Bio Farma

Untuk meningkatkan kualitas penerapan GCG sehingga menjadi semakin baik lagi, manajemen telah menetapkan Roadmap GCG
tahun 2006–2018 yang terbagi atas 4 fase yang diselaraskan dengan Rencana Jangka Panjang Perusahaan (RJPP) 5 tahun. Sasaran akhir yang hendak dicapai adalah posisi sebagai Perusahaan global yang penetapan strateginya melalui pendekatan CSR Global menuju Good Sustainability Citizenship. Untuk memperkuat komitmen dan meningkatkan kinerja Bio Farma, maka Bio Farma berkoordinasi dengan konsultan yang ditunjuk untuk memperbaiki roadmap GCG sebagai berikut:


Hasil self Assessment Implementasi GCG pada Bio Farma tahun 2015

Hasil Self Assessment periode 2013-SM.I 2014 dan 2015