Nilai-nilai budaya Perusahaan (Profesional, Integritas, Kerjasama, Inovasi, dan Berorientasi kepada pelanggan) menjadi akar dari penetapan dan penerapan Etika Bisnis dan Etika Kerja Perusahaan. Etika Bisnis dan Etika Kerja Perusahaan dituangkan dalam Pedoman Perilaku (Code of Conduct) PT Bio Farma (Persero), yang ditetapkan dan disahkan pada tanggal 22 Pebruari 2013 dengan disertai penandatanganan Pakta Integritas oleh Dewan Komisaris, Direksi dan seluruh Insan Bio Farma. Buku Saku Pedoman Perilaku telah disosialisasikan dan dibagikan kepada Insan Bio Farma pada tanggal 31 Oktober 2014. Selain melalui media buku saku, Pedoman Perilaku disosialisasikan melalui acara tatap muka secara langsung dan situs resmi Perusahaan. Pedoman Perilaku berlaku bagi setiap level organisasi di Perusahaan mulai dari Dewan Komisaris, Direksi, pejabat struktural dan non struktural, serta seluruh staf Bio Farma (staf dan pelaksana).

 

Buku Saku Pedoman Perilaku (Code of Conduct) Bio Farma 

Unduh : DRAFT_Buku Saku GCG rev 170514 (PDF - 775 KB)

PRINSIP-PRINSIP YANG DIMILIKI OLEH BIO FARMA UNTUK PENERAPAN KODE ETIK (PEDOMAN PERILAKU)

  1. Nilai-nilai Perusahaan yang menggambarkan sikap moral Perusahaan dalam pelaksanaan usahanya.
  2. Untuk dapat merealisasikan sikap moral dalam pelaksanaan usahanya, Bio Farma sudah memiliki rumusan etika bisnis yang disepakati oleh organ Perusahaan dan insan Bio Farma. Pelaksanaan etika bisnis yang berkesinambungan membentuk budaya Perusahaan yang merupakan manifestasi dari nilai-nilai Perusahaan.
  3. Nilai-nilai dan rumusan etika bisnis Perusahaan dituangkan dan dijabarkan dalam pedoman perilaku agar dapat dipahami dan diterapkan.
Etika bisnis merupakan acuan bagi Perusahaan dalam melaksanakan kegiatan usaha termasuk dalam berinteraksi dengan pemangku kepentingan. Penerapan nilai-nilai Perusahaan dan etika bisnis secara berkesinambungan mendukung terciptanya budaya Perusahaan. Setiap Perusahaan harus memiliki rumusan etika bisnis yang disepakati bersama dan dijabarkan lebih lanjut dalam pedoman perilaku.

FUNGSI PEDOMAN PERILAKU BAGI BIO FARMA

  1. Pedoman perilaku merupakan penjabaran nilai-nilai Perusahaan dan etika bisnis dalam melaksanakan usaha sehingga menjadi panduan bagi organ Perusahaan dan semua insan Bio Farma
  2. Pedoman perilaku mencakup panduan tentang benturan kepentingan, pemberian dan penerimaan hadiah dan donasi, kepatuhan terhadap peraturan, kerahasiaan informasi, dan pelaporan terhadap perilaku yang tidak etis.
     

KEBERADAAN KODE ETIK

Dewan Komisaris, Organ Pendukung Dewan Komisaris, Direksi dan seluruh insan Bio Farma diwajibkan untuk menegakkan prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG) dalam pengelolaan Perusahaan sehari-harinya.

PEDOMAN PENERAPAN KODE ETIK (PEDOMAN PERILAKU) DI BIO FARMA

Sebagai wujud kepedulian Bio Farma untuk penerapan kode etik (Pedoman Perilaku) maka Direksi Bio Farma telah mengeluarkan Surat Keputusan sebagai berikut:

Anggaran Dasar Perusahaan

  1. Surat Keputusan Direksi Nomor: 00223/Dir/I/2009
  2. tanggal 12 Januari 2009 tentang Code of Conduct,
  3. Surat Kesepakatan Bersama Dewan Komisaris Dan Direksi PT Bio Farma (Persero) Nomor: KEP- 05/DK/BF/II/2013, Nomor : 01024/DIR/II/2013 tanggal 22 Februari 2013 tentang Pedoman Perilaku (Code of Conduct) PT Bio Farma (Persero) yang telah diperbaharui dengan SKB Dewan Komisaris Dan Direksi PT Bio Farma (Persero) Nomor: KEP-07/DK/BF/III/2014, Nomor : 01103/ DIR/III/2014 tanggal 06 Maret 2014 tentang Perubahan Atas Keputusan Bersama Dewan Komisaris Dan Direksi PT Bio Farma (Persero)

Pedoman Perilaku (Code of Conduct) merupakan pedoman bagi insan Bio Farma dalam bersikap dan berperilaku untuk melaksanakan tugas sehari-hari serta dalam berinteraksi dengan rekan sekerja, mitra usaha dan pihak-pihak lainnya yang berkepentingan. Dengan demikian diharapkan lingkungan kerja

Bio Farma dapat menjadi lingkungan kerja yang profesional dan menyenangkan sehingga seluruh potensi karyawan dapat dioptimalkan.