Sistem Rantai Dingin

Vaksin merupakan produk Biologi yang memerlukan penanganan khusus dalam pendistribusiannya. Diperlukan sistem khusus untuk pendistribusian vaksin yaitu Sistem Rantai Dingin (Cold Chain System) dimulai dari pabrik, pendistribusian, penyimpanan di tempat tujuan, penyimpanan selama vaksin belum digunakan hingga diberikan kepada pelanggan.

Suhu dari vaksin harus tetap terjaga pada suhu kisaran 2-8 derajat Celsius untuk vaksin BCG, DTP, TT, DT, Td, DTP-HB-Hib, Campak, Hepatitis B, Influenza. Sedangkan untuk vaksin Polio harus disimpan pada suhu -20 (minus 20) derajat Celsius.

Sistem Rantai Dingin merupakan suatu prosedur yang dilakukan untuk tetap menjaga suhu vaksin dalam keadaan yang stabil, agar keefektifan, keamanan, keampuhan dan kualitas vaksin tetap terjaga, sehingga penerima mendapatkan manfaatperlindungan, serta pencegahan terhadap berbagai penyakit menular. Batas waktu untuk seluruh pengiriman di atas tidak boleh melebihi 48 jam berdasarkan guidelines WHO dan dengan tetap memperhatikan sistem rantai dingin untuk setiap jenis vaksin.