Vaksin Hepatitis B Rekombinan

Vaksin Hepatitis B rekombinan mengandung antigen virus Hepatitis B, HBsAg, yang tidak menginfeksi yang dihasilkan dari biakan sel ragi dengan teknologi rekayasa DNA. Vaksin Hepatitis B rekombinan berbentuk suspensi steril berwarna keputihan dalam prefill injection device, yang dikemas dalam aluminum foil pouch, dan vial.

 

Vaksin  Hepatitis  B  rekombinan   diindikasikan untuk imunisasi aktif pada  semua  usia, untuk  mencegah infeksi yang  disebabkan oleh  virus Hepatitis  B,  tetapi  tidak  dapat mencegah  infeksi  yang  disebabkan   oleh virus Hepatitis A, Hepatitis C atau virus lain yang  dapat  menginfeksi  hati. Vaksinasi direkomendasikan pada  orang yang beresiko tinggi  terkena  infeksi virus Hepatitis  B  diantaranya :

  • Petugas kesehatan
    Ahli bedah  mulut,  dokter  gigi, dokter ahli bedah,  perawat  gigi,  ahli kebersihan gigi, petugas paramedis  yang kontak  dengan pasien,  staf  unit  hemodialisis, hematologi dan onkologi, petugas laboratorium yang menangani darah  dan  sampel  klinis lain, petugas pemakaman dan  kamar  mayat, petu- gas bank darah dan fraksinasi plasma, ahli   siropodis,    petugas   kebersihan yang menangani pembuangan, petugas keadaan  darurat dan pertolongan pertama, petugas ambulan.
  • Pasien
    Pasien yang sering menerima transfusi darah  seperti  pada  unit  hemodialisis dan onkologi, penderita talasemia, sickle cell anemia,  sirosis dan  hemofilia.
  • Petugas Lembaga
    Orang yang sering kontak dekat dengan kelompok beresiko tinggi: nara- pidana  dan petugas penjara, petugas di lembaga  untuk penderita gangguan mental
  • Orang  yang  beresiko  tinggi  karena aktivitas seksualnya
    Orang yang berhubungan seks secara berganti-ganti pasangan, orang  yang terkena  penyakit  kelamin, homoseks, pekerja seks komersial
  • Ketergantungan obat yang menggunakan alat suntik
  • Orang   yang   bepergian   ke   daerah endemisitas tinggi
  • Keluarga yang kontak dekat dengan penderita Hepatitis B akut atau kronik
  • Bayi yang lahir dari ibu pengidap (carrier)