Pemprov Jabar Siapkan Rp 200 Miliar untuk Infrastruktur Geopark Ciletuh

By biofarma

 

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan. Foto: Masnurdiansyah
Gubernur Jabar Ahmad Heryawan. Foto: Masnurdiansyah

Bandung – Pemprov Jabar menyiapkan dana sebesar Rp 200 miliar untuk pembangunan sektor infrastruktur di kawasan Geopark Nasional Ciletuh Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. Alokasi anggaran tersebut mulai digulirkan pada 2017 mendatang.

Infrastruktur itu meliputi jalan dan jembatan. Sejauh ini Pemprov Jabar sudah melakukan pengembangan di lokasi tersebut.

“Sejak tahun lalu kita bangun jalan di sana senilai 90 miliar rupiah. Untuk 2017, kita anggarakan 200 miliar rupiah untuk jalan dan jembatan menuju Ciletuh,” ucap Gubernur Jabar Ahmad Heryawan atau Aher usai penandatanganan kesepakatan bersama pengembangan kawasan Geopark Nasional Ciletuh Palabuhanratu di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Bandung, Senin (28/11/2016).

Menurut Aher, alokasi dana tersebut untuk ukuran tingkat Pemprov Jabar sangat besar. Jalan yang akan dibangun sepanjang pantai, mulai Pantai Loji Palabuhanratu hingga ke Puncak Darma.

“Dari Puncak Darma nanti akan turun ke bawah ke kawasan intinya Geopark Ciletuh,” kata Aher.

Menurut Aher, kondisi jalan saat ini di kawasan tersebut berupa setapak dan bebatuan. Jadi awal 2018 mendatang, masyarakat sudah bisa menikmati akses baru menuju kawasan Geopark Ciletuh.

Pemprov Jabar juga menandatangani kesepakatan bersama dengan pengembang di kawasan tersebut. Seperti dari Pemkab Sukabumi, PTPN VIII, PT Bio Farma, Bank BJB, Unpad, dan Forum Pariwisata. Targetnya, Geopark Ciletuh Palabuhanratu yang memiliki luas sekitar 126 hektare ini bisa mendunia. (bbn/bbn).

 

Sumber : https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-3356341/pemprov-jabar-siapkan-rp-200-miliar-untuk-infrastruktur-geopark-ciletuh[:en]