Selamat Datang di Layanan e-PPID Bio Farma

“Mengabdi Untuk Meningkatkan Kualitas Hidup yang Lebih Baik” Dedicated To Improve Quality Of Life

PROFIL PPID BIO FARMA

Sesuai Dengan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik, PT Bio Farma (Persero) berkomitmen untuk meningkatkan transparansi perusahaan dan membentuk perangkat pelayanan Informasi Publik

Bio Farma memiliki 1 Pedoman #:SM-S16.3 mengenai Akses Informasi Publik dan 2 Prosedur baku terdiri dari Dok.# : 216 - PIP - 03 mengenai Pelayanan Informasi Publik, serta Dok.# : 216K - TKIP-02 perihal Tata Kelola Informasi Publik. Perangkat KIP tersebut untuk mengatur pengelolaan dan Aliran Informasi publik yang disediakan oleh Bio Farma kepada Pemohon Informasi Publik. Bio Farma Menetapkan dan menunjuk Kepala Divisi Corporate Secretary dan Kepala Bagian Public Relations sebagai Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID).

Tujuan Keterbukaan Informasi Publik

Melalui layanan Informasi Publik ini, hak masyarakat untuk mendapatkan berbagai informasi mengenai perusahaan, proses bisnis, tata kelola, laporan keuangan, tanggung jawab sosial perusahaan, dan informasi terkait lainnya dapat terpenuhi.

Laporan Akses Informasi Publik

Masyarakat bisa mendapatkan seluruh Informasi Publik Bio Farma melalui konten yang kami sajikan secara komprehensif dalam setiap konten yang berada pada website ini. Selain itu, jika masyarakat membutuhkan atau mengalami kendala dalam pengaksesan dapat juga melalui mekanisme lainnya.

Mekanisme Layanan Informasi Publik

  1. Penanganan permohonan informasi via telepon/datang langsung, surat/fax dan email/website.
  2. Pemohon melengkapi data pada formulir tanda bukti permohonan informasi publik (TB PIP).
  3. PPID mengklasifikasi jenis informasi yang diminta
  4. PPID mempersiapkan jawaban, pencarian informasi yang diminta dan kajian hukum jika diperlukan.
  5. Penyampaian jawaban/tanggapan dan atau alasan pengecualian pada formulir Tanda Bukti Tanggapan Atas Informasi Publik (TB TAPIP)
  6. Penyampaian surat penundaan jika memerlukan waktu dalam mendapatkan informasi.
  7. Pengiriman jawaban melalui media yang disepakati
  8. Pengarsipan dokumen

VISI DAN MISI PPID

VISI

Menjadi PPID yang Berkualitas dan Sesuai Standar Nasional

MISI

1. Memberikan Pelayanan PPID Kepada Masyarakat

2. Menyediakan Informasi Sesuai dengan Kriteria KIP

3. Menerapkan Teknologi Digital Dalam Pengelolaan Informasi

STRUKTUR PPID

  1. Atasan PPID Bio Farma adalah pejabat yang merupakan atasan langusng PPID yaitu Corporate Secretary.
  2. PPID Bio Farma adalah pejabat yang bertanggung jawab di bidang penyimpanan,
    pendokumentasian, penyediaan dan atau pelayanan Informasi Publik di Bio Farma yaitu Kepala Bagian Corporate Communication.
  3. PPID 1 adalah pejabat yang bertanggung jawab di bidang penyimpanan, pendokumentasian,
    penyediaan dan atau pelayanan Informasi Publik di Direktorat Utama.
  4. PPID 2 adalah pejabat yang bertanggung jawab di bidang penyimpanan, pendokumentasian,
    penyediaan dan atau pelayanan Informasi Publik di Direktorat SDM.
  5. PPID 3 adalah pejabat yang bertanggung jawab di bidang penyimpanan, pendokumentasian,
    penyediaan dan atau pelayanan Informasi Publik di Direktorat Produksi.
  6. PPID 4 adalah pejabat yang bertanggung jawab di bidang penyimpanan, pendokumentasian,
    penyediaan dan atau pelayanan Informasi Publik di Direktorat R & D.
  7. PPID 5 adalah pejabat yang bertanggung jawab di bidang penyimpanan, pendokumentasian,
    penyediaan dan atau pelayanan Informasi Publik di Direktorat Keuangan.
  8. PPID 6 adalah pejabat yang bertanggung jawab di bidang penyimpanan, pendokumentasian,
    penyediaan dan atau pelayanan Informasi Publik di Direktorat Pemasaran.

TUGAS DAN FUNGSI PPID

Dalam pelaksanaan pengelolaan informasi Publik di BIO FARMA, PPID BIO FARMA memiliki tugas dan fungsi sebagai berikut:

  • Menyediakan dan mengamankan Informasi Publik;
  • Memberikan pelayanan Informasi Publik yang cepat, tepat, dan sederhana;
  • Menyusun standar operasional prosedur pelaksanaan tugas dan kewenangan PPID BIO FARMA dalam rangka penyebarluasan Informasi Publik;
  • Melaksanakan Pengklasifikasian Informasi Publik atau perubahannya dengan persetujuan Atasan PPID BIO FARMA;
  • Menetapkan Informasi Publik yang Dikecualikan sebagai Informasi Publik yang dapat diakses dalam hal:
  1. Telah dinyatakan terbuka bagi masyarakat berdasarkan mekanisme keberatan;
  2. Telah dinyatakan terbuka bagi masyarakat berdasarkan putusan sidang ajudikasi, putusan pengadilan, serta putusan Mahkaman Agung;
  3. Telah habis jangka waktu pengecualiannya; dan/atau
  4. Ditentukan oleh peraturan perundang-undangan;
  • Menetapkan pertimbangan tertulis atas setiap kebijakan yang diambil guna memenuhi hak setiap orang atas Informasi Publik;
  • Mengoordinasikan:
  1. Pengumpulan seluruh Informasi Publik yang meliputi;Informasi yang wajib disediakan dan diumumkan secara berkala; Informasi yang wajib diumumkan secara merata; dan Informasi yang wajib tersedia setiap saat
  2. Pengumpulan Informasi Publik yang dikecualikan;
  3. Pengumuman Informasi Publik melalui media yang secarra efektif dan efisien dapat menjangkau seluruh pemangku kepentingan;
  4. Penyampaian Informasi Publik dalam bahasa Indonesia yang baik, benar dan mdah dipahami;
  5. Pemenuhan permohonan Informasi Publik yang dapat diakses oleh publik;
  6. Pengklasifikasian Informasi Publik dan/atau pengubahan Pengklasifikasian Informasi Publik;
  7. Permohonan keberatan diproses berdasarkan prosedur; dan
  8. Proses pemberian Informasi Publik di BIO FARMA berjalan dengan baik;
  • Melakukan Pengujian Konsekuensi terhadap Informasi Publik yang tidak dapat diakses oleh masyarakat sebagaimana dimaksud dalam peraturan perundang-undangan mengenai keterbukaan Informasi Publik;
  • Memberikan alasan tertulis atas pengecualian Informasi Publik, dalam hal permohonan Informasi Publik ditolak;
  • Melakukan pengembangan kompetensi petugas layanan informasi guna meningkatkan kualitas layanan Informasi Publik;
  • Menggunakan Sistem Informasi PPID dalam pengelolaan layanan Informasi guna meningkatkan kualitas layanan Informasi Publik;
  • Menyediakan Informasi Publik yang mutakhir pada portal BIO FARMA dan Sistem Informasi PPID;
  • Memelihara dan/atau memutakhirkan informasi pada portal BIO FARMA dan Sistem Informasi PPID paling kurang 1 (satu) kali dalam 1 (satu) bulan;
  • Melakukan koordinasi, harmonisasi, dan fasilitasi perangkat PPID;
  • Menyediakan ruangan dan/atau meja layanan Informasi Publik;
  • Membuat dan mengumumkan laporan tahunan layanan Informasi Publik serta menyampaikan dan mengumumkan salinannya kepada komisi Informasi Pusat.

WEWENANG PPID

Dalam melaksanakan tugas, PPID berwenang untuk;

  1. Memutuskan suatu informasi dapat diakses atau tidak dapat diakses oleh masyarakat berdasarkan Pengujian Konsekuensi publik;
  2. Menolak permohonan Inforrmasi Publik secara tertulis apabila Infomasi Publik yang dimohonkan termasuk Informasi Publik yang Dikecualikan dengan disertai alasan serta pemberitahuan tentang hak dan tata cara bagi Pemohon Publik untuk mengajukan keberatan atas penolakan tersebut;
  3. Melakukan koordinasi dengan perangkat PPID dan/atau unit terkait dalam menyelesaikan keberatan;
  4. Melakukan pendampingan dan koordinasi dengan perangkat PPID, unit teknis, dan/atau unit yang memiliki tugas dan fungsi memberikan bantuan hukum, pendapat hukum, dan pertimbangan hukum di BIO FARMA;
  5. Mengusulkan kepada Atasan PPID BIO FARMA untuk melaporkan dan/atau mengajukan gugatan atas putusan Komisi Informasi ke lembaga peradilan;
  6. Melakukan koordinasi dengan perangkat PPID dalam penyediaan Informasi Publik yang mutakhir pada portal BIO FARMA dan situs selain portal BIO FARMA, dan/atau Sistem Informasi PPID;
  7. Melaporkan ketidaksesuaian proses sidang Sengketa Informasi Publik ke Sekretariat Komisi Informasi atas persetujuan Atasan PPID BIO FARMA; dan
  8. Melakukan sosialisasi untuk meningkatkan INformasi Publik di BIO FARMA.

Maklumat Pelayanan Informasi Publik

Kami berkomitmen memberikan Pelayanan Informasi Publik dengan maksimal untuk dapat:

  1. Memberikan pelayanan informasi yang cepat, berkualitas dan akurat
  2. Memberikan kemudahan dalam mendapatkan informasi publik yang terkait dengan bidang operasional Bio Farma
  3. Memberikan informasi publik yang benar dan tidak menyesatkan
  4. Menyediakan fasilitas pelayanan informasi publik yang nyaman dan representatif
  5. Menjamin penggunaan seluruh informasi publik dan fasilitas pelayanan sesuai dengan ketentuan dan tata tertib yang berlaku
  6. Merespon dengan cepat permintaan informasi dan keberatan atas informasi publik yang disampaikan langsung maupun media
  7. Menyediakan pelaksana PPID untuk melayani kebutuhan informasi publik
  8. Melakukan evaluasi dan perbaikan yang bekelanjutan