Profil Karyawan

05

Program Rekrutmen yang Adil dan Transparan

Setiap tahun, Bio Farma melaksanakan proses rekrutmen berbasis kompetensi dan talent. Untuk menjaring dan memberikan kesempatan kepada para pelamar kerja, proses rekrutmen dilakukan dengan penyebaran informasi secara terbuka melalui media massa, media elektronik (www.biofarma-career.co.id), job fair serta road show ke beberapa perguruan tinggi, Proses seleksi penerimaan karyawan baru dilaksanakan secara terbuka dengan dengan memberi kesempatan bagi setiap orang untuk menjadi karyawan sesuai kualitas individunya tanpa melihat faktor SARA (suku, agama, ras dan antar golongan), gender dan status sosial.

Secara umum kami tidak menyebutkan persyaratan gender dalam iklan rekrutmen. Dengan demikian, kami tidak melakukan identifikasi karyawan di level manapun berdasarkan kelompok suku atau daerah asalnya. Kami tidak melakukan praktik-praktik pembatasan ataupun diskriminasi dalam bentuk apapun. Sejalan dengan prinsip kesetaraan, kami tidak mempunyai kebijakan untuk mengutamakan calon karyawan dari masyarakat setempat. Namun pada prakteknya, dengan pemasangan iklan lowongan di media massa lokal atau membuka job fair di kampus perguruan tinggi yang ada di wilayah lokasi Perusahaan, seringkali kesempatan pertama didapatkan oleh masyarakat lokal.

PROFIL KARYAWAN

Komposisi Karyawan Berdasarkan Kelompok Usia

Berdasarkan usia, komposisi karyawan hampir merata pada semua tingkatan usia dengan jumlah terbanyak adalah karyawan dengan rentang usia 31-35 tahun, yaitu sebanyak 201 orang atau sebesar 21,8%, kemudian diikuti oleh karyawan pada rentang usia 46–50 tahun sebanyak 102 orang (11,07%) dan jumlah terkecil adalah karyawan usia MPP sebanyak 46 orang (4,99%).

PENILAIAN KINERJA DAN PENGEMBANGAN KARIR

Bio Farma memberikan kesempatan yang sama untuk semua karyawan, baik pria maupun wanita, untuk mengembangkan karir dan mencapai jenjang karir tertinggi sepanjang memenuhi kompetensi dan kinerja yang dipersyaratkan. Selain kesempatan pengembangan karir secara vertikal, setiap karyawan juga mempunyai kesempatan untuk mendapatkan rotasi dalam rangka menambah wawasan, kompetensi dan mengembangkan potensi yang ada. Rotasi dapat dilakukan sebagai job assignment dari atasan atau mengajukan diri untuk menempati posisi yang sedang dibutuhkan di divisi/unit lain melalui pola rekrutmen internal.

PELATIHAN

Bio Farma memberikan kesempatan yang sama kepada seluruh karyawan untuk meningkatkan kompetensi dengan mengikuti pendidikan dan pelatihan yang mencakup peningkatan kompetensi skill, knowledge dan leadership. Pelatihan tersebut diantaranya adalah Update Good Manufacturing Practices (GMP), Environment Health & Safety Behavior, Character Building Training, Executive English Class with Native Speaker, Public Speaking, Career Transition Program, Leadership for the Next Leader, Work Load Analysis, Business Process Mapping, Communication Skill, Microsoft Office, Presentation Skill, Customer Service Orientation.

Perusahaan juga mengirimkan beberapa karyawan untuk mengikuti program pelatihan jangka panjang selama 1 bulan sampai 1 tahun mengenai Bioteknologi, Research & Development, Lifescience, Global Cold Chain, dan lain-lain di luar negeri sesuai dengan kebutuhan Perusahaan di masa yang akan datang. Program pelatihan jangka panjang bertempat di World Health Organization (WHO), University of Melbourne Australia, Utah State University – USA, Biken Institute of Japan, Institute Vaccine International (IVI) Korea,Turkey, dan lain-lain.

Kesejahteraan Karyawan

Kesejahteraan karyawan terus ditingkatkan seiring dengan pertumbuhan yang dicapai oleh Perusahaan. Remunerasi yang diterima karyawan merupakan formulasi sistem penggajian karyawan yang dinyatakan dalam grade dan level jabatan tertentu.

Bio Farma menjamin bahwa minimum grade 17 telah mendapatkan upah di atas Upah Minimum Provinsi (UMP) yang ditetapkan pemerintah. Dalam sistem remunerasi yang diterapkan, Perusahaan menetapkan standar gaji pokok yang relatif tinggi dibandingkan standar upah minimum. Selain itu, perusahaan juga tidak membedakan perlakuan remunerasi terhadap karyawan laki-laki dan perempuan di seluruh level jabatan.

Program Pensiun

Bio Farma memberikan perhatian bagi karyawan yang akan memasuki usia purna tugas. Para karyawan yang telah mencapai usia 56 tahun berhak menerima pensiun normal sesuai dengan peraturan Perusahaan. Perusahaan memberikan kompensasi Kepada karyawan yang pensiun berupa uang penghargaan, uang pesangon, dan tabungan pensiun yang dikelola oleh Dana Pensiun Lembaga Keuangan Jiwasraya.

Sebelum menjalani pensiun normal, karyawan diberikan program pelatihan persiapan pasca pensiun meliputi kesiapan mental dan pengetahuan wirausaha serta investasi. Setelah menjalani 1 (satu) tahun masa pensiun Perusahaan memberikan pelatihan lanjutan tentang business coaching selama 2 (dua) hari.

Penghargaan Karyawan

Perusahaan memberikan penghargaan (reward) prestasi bagi karyawan yang telah berjasa sebagai bentuk apresiasi terhadap karyawan yang memiliki prestasi, dedikasi dan profesionalisme yang tinggi.

Bio Farma telah memberikan beberapa penghargaan karyawan teladan berupa pemberian biaya ibadah haji dan umrah, penghargaan karya dan pengabdian 20 tahun bekerja dan penghargaan donor darah.

Hubungan Industrial 

Hak berserikat dan berkumpul disepakati dan dihormati bersama dalam koridor hak dan kewajiban karyawan serta aturan perundang-undangan yang berlaku. Sesuai dengan Undang-Undang Ketenagakerjaan Nomor 13/2003 dan peraturan internasional, yaitu ILO Convention 87 dan 98, karyawan mempunyai kebebasan untuk mendirikan organisasi sebagai wadah untuk menjembatani hubungan industrial antara karyawan dan manajemen.