Geopark Ciletuh

Bio Farma melakukan program pelestarian dan pengembangan kawasan Geopark Ciletuh, Desa Taman Jaya Kecamatan Ciemas, Sukabumi Selatan. Kawasan yang juga disebut Jampang Purba ini memiliki bebatuan berkarakter unik dan khas yang terbentuk dari dua penggalan kerak bumi, lempeng samudera dan lempeng benua. Bebatuan ini muncul ke permukaan setelah kedua lempeng tersebut bertabrakan puluhan juta tahun yang lalu dan membentuk lembah dan pegunungan batu yang bersatu dengan pantai laut Selatan.

Bio Farma mengajak Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Paguyuban Alam Pakidulan Sukabumi (PAPSI), Bio Farma Motor Cycle dan masyarakat sekitar untuk mengembangkan potensi kawasan tersebut menjadi Taman Wisata Geologis-Ekologis serupa Taman Nasional Yosemite dan Taman Nasional Sungai Colorado di Amerika Serikat.

Melalui program CSR, Bio Farma ingin mengangkat nilai-nilai lokal masyarakat Ciletuh dari berbagai aspek yang mencakup keanekaragaman hayati, geologi dan budaya secara terintegrasi . Kawasan Ciletuh akan dikembangkan secara terpadu antara konservasi, pendidikan-keilmuan, kegemaran olahraga petualangan, sosial-ekonomi masyarakat. Cita-cita besar kami adalah memperkenalkan kawasan Ciletuh ke seluruh dunia dan memasukkannya menjadi anggota Global Geopark Network (GGN) UNESCO.