Peran Kami dalam Pelestarian Lingkungan Hidup

Kami memahami bahwa keberadaan Bio Farma yang telah melampaui lintas generasi tidak hanya didukung oleh keberhasilan dalam perspektif finansial semata. Keberlanjutan usaha harus mencakup kinerja berkelanjutan dalam tiga dimensi, yaitu pembangunan ekonomi, pembangunan sosial dan perlindungan lingkungan. Dalam perspektif lingkungan, kami mengajak keterlibatan semua pemangku kepentingan untuk ikut berupaya menyelamatkan lingkungan hidup di sekitar kita dengan langkah-langkah kecil namun nyata, sesuai dengan kapasitas masing-masing. Kami percaya, sekecil apapun usaha yang kita lakukan akan sangat berarti bagi terwujudnya bumi yang layak bagi generasi mendatang.

Green Industry untuk Masa Depan Berkelanjutan

Bio Farma sebagai pelaku industri mempunyai tanggung jawab untuk senantiasa menjaga dan melakukan pengendalian dampak aktivitas operasional terhadap lingkungan hidup. Bio Farma berkomitmen untuk menjadi green industry, dengan menjalankan proses bisnis yang ramah lingkungan, efektif dan efisien dalam penggunaan energi dan sumber daya alam secara berkelanjutan, serta dapat memberi manfaat bagi masyarakat.

Dalam menjaga konsistensi sebagai green company, Bio Farma fokus pada lima area utama. Pertama adalah Green Process, yaitu menerapkan prinsip green ada seluruh proses bisnis mulai dari pemilihan bahan baku melalui seleksi vendor yang peduli lingkungan sampai proses produksi, formulasi, filling, packaging hingga penanganan produk jadi. Kedua adalah efisiensi dalam penggunaan energi. Ketiga adalah efisiensi dan konservasi air dengan menerapkan prinsip 4R (reduce, reuse, recycle, recovery). Keempat adalah pengelolaan limbah dan pemilahan sampah dalam lima kategori. Kelima adalah upaya melibatkan karyawan agar memiliki kebiasaan green (dengan konsep green people dan green habits).

Inisiatif-inisiatif Bio Farma sebagai green industry diantaranya adalah:

Inovasi Produk

Efisiensi dan Konservasi Air

Lubang Biopori

Efisiensi Energi

Pengendalian Emisi

Mengurangi Penggunaan Kertas

Mendorong Penggunaan Sepeda

Pengelolaan Sampah

Program Pembinaan Kebersihan Lingkungan Kerja.