Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Sudah menjadi komitmen kami untuk menjamin terlaksananya berbagai aspek keselamatan dan kesehatan kerja (K3). Komitmen manajemen terhadap implementasi SMK3 dinyatakan dalam 9 kebijakan Bio Farma yang tercantum dalam manual MBF – 01 dan ditandatangani oleh Direktur Utama. Implementasi SMK3 sesuai standar OHSAS 18001:2007 pada prinsipnya adalah melaksanakan seluruh klausul yang dipersyaratkan oleh OHSAS 18001:2007, dimana salah satu hal penting adalah identifikasi bahaya, penilaian risiko dan pengendalian bahaya/risiko.

Perusahaan membentuk organisasi pelaksana K3 yang meliputi:

  • Tim P2K3 (Panitia Pembina K3) sebagai unit fungsional yang menjadi wadah komunikasi, konsultasi dan koordinasi antara perusahaan dan karyawan tentang berbagai masalah dalam implementasi SMK3 di perusahaan dan bagaimana solusi terbaiknya.
  • Tim Tanggap Darurat sebagai unit fungsional yang bertanggung jawab untuk melakukan simulasi, antisipasi dan respon cepat terhadap berbagai kondisi darurat, misalnya kebakaran, gempa bumi, huru-hara dan ancaman bom.
  • Tim Integrasi Sistem Manajemen ISO 9001, ISO 14001 dan OHSAS 18001 sebagai unit fungsional yang bertugas memastikan dan memantau (internal audit) agar sistem terintegrasi tersebut telah terlaksana dengan baik.
  • Bagian Environment & Safety sebagai unit operasional yang melaksanakan kegiatan dan monitoring keselamatan kerja serta lingkungan kerja (limbah: padat, cair, B3 dan emisi gas).
  • Poliklinik Perusahaan sebagai unit operasional yang melaksanakan kegiatan pelayanan kesehatan umum, pelayanan kesehatan kerja dan monitoring kesehatan kerja.

Sampai akhir tahun 2013, sebanyak 70 orang karyawan Bio Farma telah memiliki sertifikat dan mengikuti 38 jenis pelatihan sertifikasi terkait K3 dan lingkungan simulasi darurat. Kegiatan-kegiatan terkait implementasi program K3 pada tahun 2013 juga mencakup upaya penyuluhan dan pencegahan terhadap risiko penyakit berat/ berbahaya, diantaranya adalah:

  1. Pemeriksaan kesehatan awal bagi calon karyawan.
  2. Pemeriksaan kesehatan berkala bagi seluruh karyawan.
  3. Pemeriksaan kesehatan khusus (audiometri, spirometri, visum) pada karyawan yang berisiko.
  4. Memberikan pelayanan kesehatan umum: Rawat jalan TK I, II, III dan rawat inap bagi karyawan dan keluarga.
  5. Melaksanakan Vaksinasi Influenza kepada seluruh karyawan untuk menurunkan risiko penyakit infeksi saluran pernafasan atas (ISPA) dan untuk meningkatkan produktivitas kerja.

Pada tahun 2013 tidak pernah terjadi kecelakaan kerja ataupun penyakit tertentu yang diakibatkan karyawan melakukan suatu pekerjaan tertentu di lingkungan Bio Farma.