Proses Sistem Pelaporan Pelanggaran (Whistleblowing System)

Penerapan WBS telah disahkan berdasarkan Surat Keputusan Direksi PT Bio Farma (Persero) dan dilaksanakan oleh Bio Farma mulai tanggal 22 Pebruari 2013. Di tahun 2015, Perusahaan mulai membangun sistem pelaporan pelanggaran berbasis web dengan nama Aplikasi WBS (Whistleblowing System).

Pengembangan WBS merupakan salah satu upaya Perusahaan untuk menegakkan etika bisnis, etika kerja, serta upaya pemberantasan KKN. Sistem WBS memungkinkan seluruh Insan Bio Farma dan para pemangku kepentingan lainnya untuk menyampaikan laporan dugaan tindakan pelanggaran dan kecurangan (fraud) dan bentuk pelanggaran etika lainnya yang terjadi di Perusahaan.

Pelapor dapat melaporkan secara online melalui sistem berbasis web dengan alamat http://aplikasi.biofarma.co.id/gcg. Dalam penerapan WBS, Perusahaan memiliki kebijakan yang menjamin perlindungan atas identitas dari pelapor dan akan menggunakan berbagai cara untuk menjaga kerahasiaan identitas pelapor. Hal ini dimaksudkan untuk mendorong pelaporan pelanggaran yang terjadi di Perseroan dan menjamin keamanan pelapor maupun keluarganya.

Proses sistem pelaporan pelanggaran di Perusahaan s